Membuat Jendela Kaca Untuk Studio Musik

jendela akustik
Jendela yang dimaksud di sini adalah jendela yang dipasang antara ruang studio dengan ruang operator. Fungsinya untuk dapat memudahkan komunikasi antara operator studio dan pemain musik yang sedang berada di dalam studio.

Namun jendela ini bentuknya berbeda dengan jendela rumah biasa. Hal yang tidak boleh terjadi adalah tembusnya suara dari dalam studio ke ruang operator melalui jendela ini, selain itu perlu dihindari pula bergetarnya jendela atau kaca jendela tersebut akibat getraan suara alat musik yang berasal dari dalam studio.

Bagaimanakah cara mengantisipasi agar hal-hal yang sudah saya sebut di atas tidak terjadi? Berikut ini saya dsajikan pengalaman saya setelah saya membuat studio un tuk diri sendiri,,, semoga bermanfaat.

jendela kaca untuk studio musik dapat dipasang di beberapa tempat misalnya saja pada pintu akustik studio, namun cara ini kurang baik menurut saya karena ukuran kaca tidak dapat optimal.

Yang kedua adalah di dinding antara ruang studio dengan ruang operator. Buatlah kusen jendela dengan ukuran 40cmX40cm dengan ketebalan kayu sekitar 15 cm. Mintalah kepada tukang kayu untuk membuat dua coakan pada bagian dalam kusen jendela ini, dua coakan ini berfungsi untuk menempatkan kaca nantinya.

Jadi untuk kusen jendela akustik ini kita memasangnya dengan dua buah kaca secara bersebrangan.

Kaca yang kita akan pasang pada kusen jendela ini ketebalannya masing-masing 1cm. Sebelum dipasang pada kusen, sebaiknya pinggiran kaca yang akan dipasang pada kusen diberi lem silikon dulu untuk menahan getaran dan tembusanya suara.

Pemasangan AC dalam studio biasanya akan menimbulkan embun di dalam kaca kusen jendela, oleh karena itu setelah pemasangan kaca yang pertama, taburkanlah butiran silica/silikon di dalam/tengah kusen, setelah itu baru pasang kaca yang kedua.

Untuk mempercantik tampilan, kusen dapat dicat atau dilapis bahan pelapis sesuai selera anda.
0 Komentar untuk "Membuat Jendela Kaca Untuk Studio Musik"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top