Cara Menggantung Gitar Yang Benar

gitar akustik
Gitar Akustik
Gitar adalah salah satu alat musik petik yang dapat digunakan pada berbagai kesempatan, baik itu utnuk dpakai sendirian ataupun bersama dengan alat musik lain untuk grup band.

Memiliki gitar dengan suara yang bagus dan awet adalah dambaan setiap pemilik gitar, namun bila kita salah dalam merawatnya maka gitar kita tidak seindah dulu ssat pertamakali kita membelinya.

Salah satu yang paling banyak terjadi pada gitar adalah posisi neck yang bengkok atau bahan kayu yang menjadi berkurang kualitasnya. Hal tersebut biasanya terjadi karena kita salah dalam cara penyimpanan.

Menggantung gitar adalah salah satu cara menyimpan gitar yang baik, namun perlu diperhatikan dengan cara-cara yang benar.


Berikut ini saya coba menjelaskan Cara Menggantung Gitar Yang Benar:
  1. Untuk dapat menggantung gitar maka diperlukan tali untuk menggantungnya, gunakanlah tali yang lembut namun kuat, jangan menggunakan tali kasar atau kawat karena akan merusak cat gitar.
  2. Ikat tali pada ujung gitar/kepala gitar (Headstock), tepatnya antara nut dan headstock.
  3. Pasang pengait/paku di tembok, gantung gitar pada posisi menghadap keluar, jadi bagian senar terlihat sementara bagian punggung gitar menghadap ke tembok. Cara ini hanya untuk gitar yang digantung sebentar atau sering digunakan.
  4. Bila gitar akan digantung dalam waktu yang lama dan jarang digunakan, masukkan kapur barus/kampher ke dalam gitar untuk mencegah binatang kecil masuk ke dalamnya. 
  5. Untuk mencegah karat pada senar, lumuri senar dengan minyak goreng (yang masih baru) menggunakan kain/spon.
  6. Sering-seringlah menyeka bagian luar gitar dengan lap kering untuk membersihkan debu.
Tag : trik
0 Komentar untuk "Cara Menggantung Gitar Yang Benar"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top