Cara Memasang Gypsum untuk Studio Musik

Gypsum
Pemasangan gypsum utnuk studio musik memanglah perlu saat pemasangan bahan lainnya seperti karpet atau wallpaper. Namun pemasangannya harus rata betul agar bahan selanjutnya terpasang dengan rapi.

Gypsum dapat dipasang jika kita sudah selesai memasang material lainnya seperti pemasangan frame dan pemasangan rockwool. agar Gupsum terpasang dengan baik, seharusnya kayu plafon yang dibuat frame harus rata permukannya.

Baca: Cara memasang Rockwool

Selain itu ukuran kotak tiap frame harus sesuai dengan ukuran gypsum yang akan terpasang sehingga kayu plafon pas terpasang pada setiap pertemuan gypsum.

Yang tak kalah penting adalah pada proses pemasangan rockwool, hindari bentuk rockwool yang menggelembung atau cembung. rockwool yang agak menyembul keluar permukaan akan menekan gypsum sehingga dikhawatirkan akan membuat gypsum terlihat tidak rata.

Baca: Cara memasang plafon untuk Frame

Kasus tidak ratanya pemasangan rockwool biasa terjadi saat pemasangan rockwool di langit-langit akibat gaya gravitasi. Namiun hal ini dapat disiasati dengan pemasangan kawat.

Bila anda memasang frame dan rockwool dengan baik maka tidak akan kesulitan memasang gypsum. Selanjutnya anda dengan mudah memasang karpet atau wallpaper.


Gypsum (Deskripsi) [Sumber]

Sebagian besar Gypsum digunakan sebagai bahan bangunan, flester paris, bahan dasar untuk pembuatan kapur, bedak, untuk cetakan alat keramik, tuangan logam, gigi dan sebagainya. Jumlah tersebut meliputi 72% dari seluruh volume perdagangan.

Gipsum sebagai perekat mineral mempunyai sifat yang lebih baik dibandingkan dengan perekat organic karena tidak menimbulkan pencemaran udara, murah, tahan api, tahan deteriorasi oleh faktor biologis dan tahat terhadap zat kimia ( Purwadi, 1993). Gipsum mempunyai sifat yang cepat mengeras yaitu sekitar 10 menit. Maka dalam pembuatan papan gipsum harus digunakan bahan kimia untuk memperlambat proses pengerasan tanpa mengubah sifat gipsum sebagai perekat (Simatupang, 1985). Perlambatan tersebut dimaksudkan agar tesedia cukup waktu mulai dari tahap pencampuran bahan sampai tahap pengempaan. Waktu pengerasan gipsum bervariasi tergantung pada kandungan bahan dan airnya. Dalam proses pengerasan gipsum setelah dicampur dengan air maka terjadi hidratasi yang menyebabkan kenaikan suhu. Kenaikan suhu tersebut tidak boleh melebihi suhu 400 C ( Simatupang, 1985 ). Suhu yang lebih tinggi lagi akan mengakibatkan pengeringan gipsum dalam bentuk CaSO4. 2H2O sehingga mengurangi bobot air hidratasi. Pengurangan tersebut akan menyebabkan berkurangnya keteguhan papan gipsum.
0 Komentar untuk "Cara Memasang Gypsum untuk Studio Musik"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top