Penemu Gitar Gibson

Gitar Gibson
Orville H. Gibson lahir pada tahun 1856, di Chateaugay, New York adalah seorang luthier (ahli reparasi senar) yang mendirikan Gibson Guitar Corporation di Kalamazoo, Michigan pada tahun 1902. Ia ahli pembuat gitar, mandolin dan instrumen lainnya.

Usahanya dimulai pada tahun 1894 di bengkel rumahnya di Kalamazoo, Michigan. Meski tanpa pelatihan formal, Orville mampu menciptakan desain yang inovatif bagi mandolin dan gitar, dengan headstock diukir dan melengkung seperti sebuah biola.

Berkat keahliannya Gibson dapat menciptakan sesuatu yang berbeda sehingga ia diberi hak paten pada desainnya. Pada awalnya,Orville membuat gitar dengan bahan baku dari lemari jati yang sudah tak terpakai, sehingga lebih keras dan lebih tahan lama daripada instrumen lain saat itu. akibatnya permintaan akan produknya banyak diminati oleh para musisi.

Ide pembuatan gitar yang digagas Orville Gibson mendapat dukungan dari lima pengusaha Kalamazoo (nama perusahaan awal Gibson) dan membentuk Gibson Gitar Mandolin Mfg Co, Ltd, pada tahun 1902.

Sejak tahun 1908, Orville Gibson digaji sebesar $ 500 oleh Gibson Mandolin-Guitar Manufacturing Co, Limited (setara dengan $ 20.000 per tahun dalam istilah modern).

Lima pengusaha yang memperkerjakan gipson sempat mengatakan sesuatu yang memaksa, mereka berkata kepada Gipson, "Orville H. Gibson akan dibayar hanya untuk waktu yang sebenarnya ia bekerja untuk Perusahaan.” Sesudah waktu itu, tidak ada indikasi yang jelas apakah ia bekerja di sana penuh-waktu, atau sebagai konsultan. Orville Gibson dianggap agak eksentrik, sehingga semua orang bertanya-tanya apakah selama bertahun-tahun ini ia menderita semacam penyakit mental atau tidak.

Antara tahun 1907 dan 1911 Dia sering dirawat inap di rumah sakit . Pada tahun 1916, ia kembali dirawat di rumah sakit, dan meninggal pada 21 Agustus 1918 di St Lawrence State Hospital, rumah sakit jiwa di Ogdensburg, New York. Gibson dimakamkan di Pemakaman di Malone, New York.
Back To Top