Cara Stel Drum Set

SNARE DRUM

Terdapat tiga bagian snare yang perlu di stel agar menghasilkan suara yang bagus yakni: batter head (kulit atas yang untuk di pukul), snare head (kulit bawah untuk merespon snare wire), dan snare wire (kawat/)

Batter head (kulit bagian atas)
  1. Lepaskan batter head dari shell (badan drum) dengan cara melonggarkan baud(tension rod) pada rim/ring yang berfungsi menjepit batter head dari shell.
  2. Lenturkan head tersebut dengan menekan bagian pinggirnya ke arah dalam menggunakan jari (jangan takut rusak, batter head sangat kuat).
  3. Pasang kembali head pada shellnya. lalu letakkan rim (besi lingkar), dan putar tension rod (baut) menggunakan jari tangan dengan urutan menyilang. Misalnya, bila anda memulai dengan baut 1 lalu putarlah baut diseberangnya dan seterusnya.
  4. Lakukan pemutran pada semua baut dengan urutan menyilang, sampai tidak bisa diputar lagi dengan tangan.
  5. Setelah selesai memutar baud dengan tangan mulailah mengencangkan baud tersebut dengan kunci pemutar baut (drum key), putar 1/2 putaran semua baut secara menyilang, agar dudukan head tidak berubah lakukanlah penekanan pada bagian tengah head menggunakan 2 tangan (jangan takut rusak).
  6. Cobalah ketuk bagian pinggir head yang letaknya dekat dengan baud menggunakan drum key, usahakan agar semua bagian berbunyi sama. Lakukan beberapa putaran sampai anda mendapat suara yang diinginkan.
Snare side head (kulit bagian bawah).

Tahapan penyetelan snare side head sama dengan batter head, hanya saja diperlukan kehati-hatian karena ukurannya sangat tipis jadi usahakan jangan melakukan pelenturan dan penekanan. Agar dapat merespon snare wire dengan baik maka buat ketegangan head ini lebih tinggi sedikit dari batter head.
Utuk mendapatkan suara snare yang baik lakukanlah penyetelan ketegangan pada snare wire sebaik mungkin sehingga dapat menangkap suara ketukan yang paling pelan sekalipun, perlu diperhatikan pula bahwa Jangan menyetel wire terlalu tegang, karena suara snare akan tertahan.
 


TOM DRUM

Bagian yang perlu distel adalah batter head (bagian yang kena ketukan stik) dan resonant head yakni bagian kulit yang terletak di bawah. Terdapat dua jenis tom, yaitu rack tom (tom yang posisinya menggantung), dan floor tom (tom yang ada kakinya dan diletakkan di lantai langsung).
  • Cara menyetel batter head: Pada bagian ini lakukan cara yang sama dengan batter head pada snare. Dapatkan jenis suara yang cocok dengan selera anda. Jangan terlalu longgar, karena suara akan pecah. Dan juga jangan terlalu keras, karena suara akan tertahan.
  • Cara menyetel resonant head (head bawah untuk meresonansi suara): Buat ketegangan resonant head sedikit lebih rendah atau sama dengan batter head. Usahakan agar menghasilkan sustain yang cukup.

BASS DRUM

Sebelum kita memulai menyetel bass drum alangkah baiknya bagian dalam dari shell ditreatment dulu untuk menghasilkan suara bass drum yang enak didengar yaitu dengan cara: Buka kedua head, lalu masukkan busa setebal ±3 cm, dengan ukuran lebar yang lebih panjang 10 cm daripada panjang bass drum, sehingga busa tersebut dapat menyentuh kedua head. Untuk panjangnya, buat ± 1/2 dari keliling bass drum. Apabila anda memiliki cukup dana gantilah drum head (kulit/membran) dengan yang berkualitas baik,
Ada 2 jenis bahan dasar pembuat drumhead, yaitu DuPont dan Toray. Drumhead dengan bahan dasar DuPont adalah pilihan terbaik. Beberapa merk drumhead dengan bahan dasar DuPont adalah Remo, Evans, Aquarian, Dynamic, dll.

Cara menyetel:
  1. Pasang kembali batter head (kulit yang terkena ketukan beater pedal). Putar baut sampai kerutan hilang (putar dengan urutan menyilang).
  2. Pasang resonant head (kulit depan bass). Setel dengan ketegangan yang sama dengan batter headnya.
  3. Cobalah pasang kick drum lalu injak, dapatkan suara yang paling enak di dengar dengan melalukan pemutaran baud pada ring.
Perlu diketahui bahwa suara yang dihasilkan oleh drum tergantung pula pada ruang akustik tempat kita melakukan penyetelan, alangkah baiknya bila saat menyetel/menyetem drum di ruangan dengan kualitas akustik ruangan dan ambience yang baik misalnya di dalam ruangan studio. 
Tag : tuning
0 Komentar untuk "Cara Stel Drum Set"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top