Alat Pendukung Studio Recording Sederhana

Seiring dengan perkembangan jaman maka cara perekaman/Recording/tracking untuk lagu ataupun musik menjadi sangat mudah dan lebih sederhana, tidak perlu peralatan yang banyak dan serba besar. Anda dapat melakukan recording musik di rumah hanya dengan perangkat komputer rumahan plus alat musiknya.  Saat ini saya akan berbagi ilmu tentang Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana selain alat musiknya, jadi Saya anggap anda sudah memiliki alat musik sebagai sumber bunyi seperti gitar, bass, dan lain-lain. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan tersebut:

1. komputer: 
Karena yang kita bahas disini adalah rekaman berbasis digital maka yang kita butuhkan adalah sebuah komputer. Seluruh proses perekaman dilakukan dalam komputer ini,  mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, dan mastering. Dalam melakukan seluruh proses recording akan memberatkan kinerja processor, ram, maupun hardisk oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spesifikasi yang baik.(untuk lebih jelasnya silahkan lihat di: "Komputer untuk Home Recording")

2. Soundcard / conveter / audio interface   

Soundcard dalam bahasa indonesia berarti kartu suara. Yakni suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Fungsi soundcard adalah sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari speaker). Biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. (Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di "Komputer untuk Home Recording")

3. Preamp
Preamp adalah alat yang pertama dimasuki suatu alat musik/vocal yang berfungsi untuk meningkatkan gain signal input sebelum masuk ke soundcard, dapat juga digunakan untuk coloring. Bagi sebagian orang, preamp ini digunakan untuk mengambil phantom powernya saja. Phantom power dibutuhkan bila kita akan mengunakan mic condensor untuk rekaman, karena suatu mic condenser tidak akan berfungsi bila tidak menggunakan phantom power.

Bila preamp tidak ada maka kita dapat menggantinya dengan efek / FX stombox yang di bypass. FX yang di bypass tersebut akan membantu menaikan gain dari source audio, jadi saat digunakan, efek ini jangan di-onkan.

4. Speaker monitor
Speaker monitor untuk rekaman / recording sangat berbeda dengan speaker multimedia. speaker multimedia biasanya melebih-lebihkan / mem-boost frequency tertentu. Biasanya speaker-speaker tersebut mem-boost pada low frequency (bass) dan high frequency (treble). Sedangkan untuk rekaman / recording membutuhkan speaker FLAT pada frequency alias tidak melebih-lebihkan atau memboost pada frequency tertentu. Untuk mempunyai speaker yang flat mungkin akan memberatkan kantong anda. Cara mengatasinya adalah denagn (walaupun tidak di rekomendasikan untuk tidak  menggunakan speaker yang tidak flat):
  • Kenali karakter speaker yang anda punya, apakah speaker anda mem-boost low frequency ataupun mem-boost high frequency.
  • Sering-sering mendengarkan lagu-lagu referensi anda dan lagu-lagu yang telah direkam, dimixing dan dimastering oleh para
  • Hanya anda yang mengenali dan mengerti, Gunakan feeling dan mulailah mempercayai speaker anda dikit demi sedikit. professional di speaker yang anda punya. Karakter speaker anda akan mulai anda hapal seiring dengan waktu.
  • Kenali karakter ruang kamar anda (ambience). Studio-studio professional menggunakan tata ruang akustik yang telah di perhitungkan dengan baik. Bass trap, difusser, dan lain-lain akan menghiasi studio-studio mereka.
5. Kabel
Kabel adalah perangkat yang tidak dapat dianggap remeh, karena melalui kabel seluruh sistem suara dan listrik  mengalir, Kabel dengan kualitas yang buruk akan membuat hasil rekaman anda terganggu dengan suara noise, dengung dan lain-lain. Belilah kabel yang berkualitas baik bila anda ingin hasil rekaman terdengar layaknya rekaman professional.

6. Mic untuk vokal
Mic berfungsi mengubah getaran suara menjadi getaran listrik, pada proses recording, mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal. Vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Gunakanlah mic yang memang berkualitas sangat baik yaitu yang dapat menagkap frekuensi suara yang wajar. Penempatan mic pun sangat berpengaruh pada hasil rekaman, oleh sebab itu sering-seringlah bereksperimen.
0 Komentar untuk "Alat Pendukung Studio Recording Sederhana"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top