Line 6 POD 2.0 (Amp Simulator)

Halo sobat  "DINUR STUDIO", kali ini admin akan mengulas efek gitar yang cukup terkenal yaitu: 
Line 6 POD 2.0 (Amp Simulator), untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Perangkat yang satu ini bukanlah produk baru, benda merah yang bentuknya mirip apel ini sudah terkenal dimana mana, tentu saja karena sound yang dihasilkannya cukup baik. POD adalah produk keluaran Line6, sebagai processor signal untuk instrumen gitar, Peran utamanya sebagai PreAmp, bisa dibilang sangat baik sekali. Apalagi kelebihan utamanya adalah Amp Simulator, yang bisa mensimulasikan amplifier amplifier kelas dunia seperti Mesa Boogie, Fender, Marshall, Vox, Dan banyak lagi, dengan total sampai 32 buah amplifier. Dan POD menyediakan sebanyak 9x4 Channel, yang dapat digunakan untuk menyimpan sound.

Effect & Cabinet Simulator
Selain itu POD juga menyediakan efek efek gitar internal sebagai penambah keindahan sound, seperti Delay, Reverb, Chorus, Flanger, Compressor, Swell, dan sebagainya, yang jumlahnya sebanyak 16 buah. Selain itu juga ada fasilitas cabinet simulator, yang dapat diaktifkan jika menggunakan POD secara direct (langsung mixer, atau rekaman). Fasilitas cabinet simulator ini membuat sound yang dihasilkan benar benar menyerupai jika anda memakai sistem todong pada cabinet.

Distorsion / Overdrive
Yang tak kalah unggulnya adalah kehadiran distorsion / Overdrive, POD adalah amp simulator dengan distorsi yang sangat baik, apalagi mengingat produk ini adalah digital, tapi menghasilkan suara yang setebal dan sehangat analog! Anda bagaikan benar benar mempunyai sederetan amplifier kelas dunia hanya dalam satu box merah itu, dari overdrive bluesy fender amp, ke Crunch Marshall Plexi, Sampai Distorsi nan gagah Mesa Boogie Dual Rectifier.

Control
Bagi pengguna, POD sangat user friendly, dengan knob control seminimal mungkin, membuat anda akan sangat mudah untuk mengatur atau mengubah sound yang diinginkan. Knob yang ada antara lain:
  • Level (mengatur volume total output POD)
  • Drive (mengatur banyaknya drive)
  • Bass, Middle, Treble (Equalizer pada umumnya, seperti yang ada pada amplifier)
  • Channel Volume (mengatur volume tiap channel)
  • Reverb (mengatur banyaknya reverb)
  • Effect Tweak (mengatur besarnya level efek yang digunakan)
  • Amp Models (memilih jenis amplifier yang akan digunakan)
  • Effect (memilih jenis efek yang akan digunakan)

Fasilitas Lain
POD juga menyertakan Tuner built in, Noise Gate untuk mereduksi noise hingga nol persen, MIDI plugin, Stereo Output, dan Foot Controller (dibeli terpisah).

Keseluruhan
Dilihat secara Keseluruhan, POD line6 version 2.0 sangat baik dalam menghasilkan sound, benar benar seperti analog, dan tetap low noise layaknya teknologi digital. Terlebih lagi ukurannya yang kecil dan enteng, membuat kita serasa membawa 32 ampli dalam 1 tas kecil.

Mengingat POD ini mempunyai foot controller yang dibeli secara terpisah, anda harus mengeluarkan uang extra untuk mendapatkan foot controllernya, Apabila anda tidak membeli foot controller ini, akan cukup sulit dalam keadaan dimana anda manggung live on stage, dan anda harus dengan cepat mengganti setting sound. Untuk alternatif lain pengganti foot controller yang ditawarkan line6, anda dapat menggunakan MIDI controller, yang harganya mungkin lebih murah.
Tag : Review
0 Komentar untuk "Line 6 POD 2.0 (Amp Simulator)"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top