Sejarah Gitar Fender

Gambar Gitar Fender
Fender Musical Instruments Corporation (FMIC) adalah produsen alat musik dan amplifier di AS , seperti gitar listrik yang berbentuk Stratocaster dan Telecaster . Prusahaan ini bertempat di Scottsdale, Arizona . Perusahaan, nama perusahaan ini sebelumnya bernama Elektrik Fender Instrumen Manufacturing Company, didirikan di Fullerton California oleh Clarence Leonidas "Leo" Fender pada tahun 1946. Leo Fender adalah salah satu perancang bass listrik solid-state yang sukses secara komersial, Bass (P-Bass) buatannya itu sangat Presisi yang telah menjadikannya dikenal di dunia musik rock, jazz, country, Motown, funk, dan jenis-jenis musik lainnya. Model Fender Presisi  dan Bass Jazz, sekarang dianggap sebagai standar yang pengukuran gitar bass listrik untuk yang lain.

Fender adalah perusahaan swasta , dengan mayoritas pengendali sahamnya dimiliki oleh sekelompok perwira perusahaan sendiri dan manajer. Larry Thomas adalah Chief Executive Officer dan James Broenen adalah Chief Financial Officer. Perusahaan mengajukan untuk penawaran umum perdana pada Maret tahun 2012. Di samping markas Scottsdale nya, Fender telah manufaktur fasilitas di Corona, California (AS) dan Ensenada, Baja California (Meksiko).
 
Sejarah

Penawaran produksi secara masal pertama adalah Gitar listrik solid-body bergaya Spanyol, yang Telecaster (Esquire 'adalah versi pick up tunggal) yang pertama diproduksi secara massal adalah bass listrik yaitu Precision Bass ( P-Bass), dan populer Stratocaster (Strat) gitar.

Sebenarnya Fender bukanlah yang pertama memproduksi gitar listrik, perusahaan lain dan luthiers telah menghasilkan gitar listrik sejak akhir 1920-an,  tetapi tidak ada yang sukses secara komersial seperti Fender. Baik gitar hollow-body atau instrumen yang lebih khusus seperti Rickenbacker 's solid-body gitar Hawaii, maka Fender telah menciptakan Gitar listrik yang serbaguna,Gitar Ini populer untuk para musisi dalam berbagai genre.

Selain itu perusahaan ini juga membuat dan mendistribusikan gitar akustik , bass listrik, mandolin, banjo, dan biola listrik, serta amplifier gitar, amplifier bass, dan PA. Merek Fender lainnya adalah Squier (entry level / anggaran), Guild (gitar akustik, listrik dan amplifier), SWR (bass amplifikasi), Paspor Tacoma, Jackson, Charvel, Gretsch gitar dan berkolaborasi dengan Eddie Van Halen untuk membuat gitar EVH dan amplifier .

Pada tanggal 11 Februari 1994 pabrik Fender yang berbasis di Ensenada Meksiko terbakar. Presiden Fender Bill Shultz memutuskan untuk pindah  produksi sementara ke pabrik Meksiko AS. Gitar Fender cukup langka dan dapat diidentifikasi dengan nomor seri yang unik. Pada tanggal 28 Oktober 2007, Fender mengumumkan niatnya untuk membeli Kaman Musik Korporasi (pemilik Hamer Guitars , Ovation Guitars , Genz Benz amplifier, Gibraltar Hardware, bersama dengan banyak orang lain, dan distributor eksklusif untuk Sabian simbal dan Takamine Guitars ). Instrumen Fender lainnya termasuk Mustang, Jazzmaster, Jaguar, Starcaster, Duo-Sonic, Toronado dan Bronco gitar, bass seperti Bass Jazz, ulang tersebut 'Telecaster Bass' yang asli 1950 Precision Bass, garis baja lap; tiga model dari biola listrik , dan Fender Rhodes piano listrik.

Perusahaan ini dimulai sebagai Fender Radio Service pada akhir 1938 di Fullerton, California yang didapat dari nama pendirinya yaitu Leo Fender. Sebagai teknisi elektronik yang berkualitas, Leo Fender telah diminta untuk memperbaiki radio, tidak hanya  itu tapi pemain fonograf, amplifier audio rumah, sistem alamat publik dan musik instrumen amplifier . (Pada saat itu, sebagian besar hanya variasi sederhana sirkuit tabung vakum.) Semua desain didasarkan pada penelitian yang dikembangkan dan dirilis ke domain umum oleh Western Electric pada 1930-an dan mengggunakan tabung vakum untuk amplifikasi. Leo menjadi tertarik dengan cacat desain kontemporer alat musik amplifier dan mulai membangun amplifier berdasarkan desain atau modifikasi desain sendiri.

Pada awal 1940-an ia telah bermitra dengan lokal elektronik antusias Clayton Orr "Doc" Kauffman dan bersama-sama mereka membentuk perusahaan K & F Manufacturing Corp untuk merancang, memproduksi, dan memasarkan alat-alat listrik dan amplifier. Produksi dimulai pada tahun 1945 dengan Hawaii gitar baja putaran (menggabungkan pickup dipatenkan) dan amplifier dijual sebagai set. Pada akhir tahun Fender menjadi yakin bahwa manufaktur lebih menguntungkan daripada perbaikan dan ia memutuskan untuk berkonsentrasi pada bisnis yang sebaliknya. Namun Kauffman tetap yakin dan ia dan Fender damai berpisah pada awal 1946. Pada saat itu Leo nama perusahaan Fender Listrik Instrumen Perusahaan. Toko layanan tetap terbuka sampai tahun 1951, meskipun Leo Fender tidak secara pribadi mengawasi setelah 1947.

Pada awal 1965, Leo Fender menjual perusahaan kepada Columbia Broadcasting System, atau CBS sebesar $ 13 juta.  Ini memiliki implikasi yang luas. Penjualan tersebut diambil sebagai perkembangan positif, mengingat kemampuan CBS untuk membawa uang dan personil yang memperoleh persediaan besar bagian Fender dan gitar unassembled yang dirakit dan dimasukkan ke pasar. Namun, penjualan juga menyebabkan penurunan kualitas gitar Fender sementara di pengelolaan "pemotongan biaya" CBS. Beberapa perubahan kosmetik terjadi setelah 1965/1966, seperti bentuk headstock yang lebih besar pada gitar tertentu. Leher menyatu dengan blok berbentuk penanda  diperkenalkan pada tahun 1966. Sebuah logo headstock berwarna hitam, serta  plat aluminium disikat dengan label biru atau merah (tergantung model) untuk gitar dan bass amplifier menjadi fitur standar, mulai tahun 1968.

Dalam era CBS, perusahaan itu memperkenalkan beberapa instrumen baru dan desain amplifier. The Fender Starcaster itu sangat tidak biasa karena dangkal, desain bodi belum sepenuhnya berongga yang masih mempertahankan Fender tradisional bolt-on neck, meskipun dengan headstock sama sekali berbeda. Pada Starcaster dipasang pickup humbucking baru yang dirancang oleh Seth Kekasih . Pickup ini juga memunculkan 3 inkarnasi baru dari Telecaster klasik. Meskipun penggunaan lebih baru oleh Jonny Greenwood dari Radiohead telah mengangkat profil Starcaster itu, Era instrumen CBS jauh lebih didambakan atau dicari daripada "pra-CBS" model yang dibuat oleh Leo Fender sebelum menjual perusahaan Fender ke CBS pada tahun 1965.

Setelah menjual perusahaan Fender, Leo Fender mendirikan Music Man pada tahun 1975, dan kemudian mendirikan Perusahaan G & L Musical Instruments , yang memproduksi gitar listrik dan bass berdasarkan desain di kemudian hari.

Pada tahun 1985, dalam kampanye yang diprakarsai oleh CBS presiden divisi William Schultz (1926-2006), Karyawan Perusahaan Fender Listrik Instrumen Manufaktur membeli perusahaan dari CBS dan menamainya Fender Alat Musik Corporation. Di balik nama Fender, Fender Alat Musik Corporation telah mempertahankan model lama Fender bersama dengan desain baru dan konsep.
Tag : sejarah
0 Komentar untuk "Sejarah Gitar Fender"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top