MERAKIT EFEK STOMPBOX BASS ELEKTRIK

RANGKAIAN EFEK BASS
Sudah lama rasanya Saya tidak posting di blog ini, maklum banyak kegiatan di dunia nyata....cie...cie.... Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba berbagi ilmu tentang cara menyusun effect bass electric, mungkin diantara pembaca sudah banyak yang lebih faham tentang cara merakitnya? syukurlah kalau sudah banyak yang faham, kali ini Saya hanya memberikan salah satu contoh merangkai efek bass yang terdiri dari beberapa fx stompbox bagin yang belum faham atau ingin belajar.

Kita tahu bahwa jenis efek stompbox atau bisa disebut juga efek analog masih menjadi alat faforit para bassist atau gitarist sebagai penunjang penampilan di panggung saat beraksi memainkan alat musiknya, coba tengok saja pada papan pedal (pedal board) para gitaris semipro sampai yang profesional sekalipun akan didominasi oleh efek stompbox, sedangkan efek digital hanya terpasang satu atau dua buah saja.


Pada rangkaian efek yang Saya jelaskan menggunakan beberapa alat yang diperlukan, yaitu:
    bass over drive, Behringer
  • Tiga buah efek yang terdiri dari (di sini saya ambil contoh dari merek behringer): Synthesizer, graphic equalizer, dan bass overdrive. *ketiga efek ini hanyalah sebagai contoh, anda dapat mengganti atau menambah dengan merek dan jenis yang lainnya sesuai dengan selera.
  • adaptor yang memiliki beberapa jack DC,
  • Dua buah jack penghubung antar efek
  • Dua buah kabel jack to jack yang agak panjang untuk dipasang dari bass ke input efek dan dari output efek ke input speaker bass.
bass graphic equalizer, behringerPerhatian: "Pada proses merangkai dan menyetel efek harus dilakukan oleh dua orang agar proses dapat dilakukan dengan benar, satu orang bertugas memainkan senar bass dan yang lainnya mengurus masalah peralatan, meyetel efek dan speaker bass"


Cara merangkai / merakit efek bass listrik:
    bass synthesizer, behringer
  1. Pastikan senar bass sudah distem dengan benar , karena bila steman bass kurang pass maka kita akan kesulitan untuk menguji suara yang dikeluarkan, dalam arti jangan sampai kita menyetem saat efek sudah terpasang 
  2. Siapkan kabel bass lalu masukkan salah satu ujung jack ke lubang/soket bass, kemudian masukkan lagi ujung jack yang satu lagi ke input efek bass overdrive.
  3. Siapkan kabel penghubung antar efek yang pertama (biasanya berukuran pendek tak lebih dari 50cm), masukkan ujung jack ini ke output efek  bass overdrive sedangkan ujung jack yang lain dimasukkan ke lubang input efek equalizer.
  4. Siapkan kabel penghubung antar efek yang  kedua, kemudian hubungkan salah satu jacknya ke lubang output efek equalizer dan ujung  jack yang satu lagi dimasukkan ke lubang input efek yang ketiga yaitu  efek synthesizer.
  5. Siapkan kabel jack to jack untuk mengghubungkan output efek yang ke tiga (bass synthesizer) dengan  input amply bass.
  6. Selanjutnya adalah memasang adaptor ke stopkontak lalu hubungkan tiap-tiap konektornya ke masing-masing efek.

Setelah semua kabel terpasang maka tahap yang terakhir adalah menyalakan speaker bass bass   dan menguji efek, tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. By pass-kan  semua efek dengan ditandai matinya lampu indikator pada masing-masing efek.
  2. Setelah dalam keadaan by pass aturlah posisi tombol/knop potensio pada masing-masing efek pada posisi jam 12, untuk equalizer usahakan potensio gesernya pada posisi flat dulu, putar seluruh potensio bass listrik pada posisi putaran penuh/full.
  3. Putarlah seluruh knop pada speaker bass dengan posisi jam 12 lalu nyalakan speaker sambil memainkan senar bass. Bila sudah keluar sura petikan senar bass dari speaker maka pengujian tahap awal dianggap selesai, selanjutnya anda tinggal menyetel suara sesuai dengan selera.

Cara menyetel suara speaker bass dan effek stombox
  1. Petik senar bass kemudian dengarkan suara yang keluar (ini masih suara asli dari bass tanpa pengaruh efek, kondisi ini disebut by pass karena seluruh efek masih nonaktif), cobalah memutar mutar satu persatu knop pada speaker bass seeperti gain, bass, treble, dan lain-lain. Rasakan setiap perubahan suara ketika salah satu knop diputar dan berhentilah pada satu posisi yang mengeluarkan karakter suara yang kita sukai.
  2. Setelah menemukan karakter suara uyang sesuai maka tahap selanjutnya adalah menyetel efek, aktifkan efek yang posisinya paling kanan dulu dengan menginjak pedalnya dan ditandai dengan menyalanya lampu indikator pada efek tersebut, mainkan bass anda kemudian putar-putar satu-persatu knop untuk mencari jenis suara yang sesuai dengan keinginan atau aliran musik yang anda gemari, lakukan penyetelan pada masing-masing efek dengan syarat saat menyetel salah satu efek maka efek yang lain harus dalam keadaan by-pass karena kalau tidak maka suara akan bercampur dengan efek yang aktif lainnya.
  3. Setelah ketiga efek selesai disetel menurut selera, hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengatur keseimbangan suara yang keluar dari speaker antara saat efek diby-pass dan aktif, jadi jangan sampai kekuatan suara bass yang keluar saat di-efek dan by-pass perbandingannya terlalu jauh kecuali bila saat bermain bass anda selalu memerlukan suara bass yang  diefek. Cara menyamakan ketinggian volume antara by-pass dan diefek adalah dengan:
  •  mengaktifkan efek lalu mainkan bassnya dan dengarkan kekuatan suaranya 
  •  bypaskan efek, mainkan bass, lalu dengarkan suaranya
  • bandingkan suara yang keluar dari kedua percobaan di atas, bila kekuatan suara saat diefek lebih besar dari suara yang keluar pada saat by-pass maka kita harus menurunkan level/volume pada efek tersebut. begitupun sebaliknya bila suara by-pass lebih besar jika dibanding saat efek diaktifkan maka level/volume pada efek harus diperbesar.
Demikianlah posting Saya kali ini semoga ada manfaatnya untuk para bassist pemula yang sedang belajar cara merangkai beberapa pedal efek stompbox atau anda yang sedang merintis studio musik dan seputar sound system.
Tag : Seting efek
0 Komentar untuk "MERAKIT EFEK STOMPBOX BASS ELEKTRIK"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top