MENGATASI SUARA FEEDBACK DI DALAM STUDIO MUSIK

Feedback adalah suara yang keluar dari speaker yang diteruskan lagi ke sumbernya misalnya mic, gitar elektrik, dan bass elektrik. Ada dua jenis feedback yang sering muncul di dalam ruangan studiomusik atau rental band yaitu:
  1. Feedback yang bersumber dari kelebihan frekuensi rendah,  Feedback jenis ini disebabkan oleh terlalu besarnya nada-nada low atau bass dari sumber oleh pengolah suara misalnya tone control atau equalizer. Ciri-ciri dari feedback ini adalah suara yang keluar seperti suara mendengung.
  2. Feedback yang bersumber dari kelebihan frekuensi tinggi, Feedback ini disebabkan oleh terlalu besarnya nada-nada yang berfrekuensi tinggi yang diolah oleh pengolah bunyi yaitu tone control atau equalizer, biasanya peristiwa terjadinya akibat terlalu besarnya volume treble pada trone control atau tingginya posisi potensio geser yang ada pada equalizer.

Peralatan yang dapat menyebabkan Feedback dan cara mengatasinya:


Mic,

Bila suatu saat terjadi Feedback ( Storing Mic ) di dalam studio  hal pertama yang harus dilakukan adalah mendengarkan baik-baik jenis suara feedback apakah termasuk frekuensi rendah atau frekuensi tinggi, bila feedback tersebut termasuk frekunsi rendah maka cepat-cepat kecilkan potensio low/bass, setelah feedback berhenti cobalah putar balik potensio low/bass pada mixer, berhentilah memutar balik bila pelan-pelan sudah terdengar suara seperti akan feedback lagi. Bila mixer diinsert equalizer maka frekuensi rendah pada potensio equalizer tersebut yang dikecilkan, bila kita tidak tahu yang mana frekuensi rendahnya maka tebak saja salah satu potensio yaitu dengan menurunkannya, bila feedback masih ada cobalah pada potensio yang lainnya.

Bila feedback adalah termasuk jenis frkuensi tinggi maka yang harus dikecilkan adalah potensio treble/high pada mixer atau pada tone. setelah suara denging menghilang cobalah untuk memperbesar kembali potensio yang dikecilkan tadi sedikit demi sedikit ke arah yang berlawanan, dengarkan baik-baik suara yang akan keluar dari speaker, ketika potensio treble/high diperbesar kembali dan terdengar suara kecil yang mirip dengan feedback maka cepatlah berhenti memutar potensio karena bila kita teruskan maka feedback akan muncul besar kembali dan mengeluarkan suara mendenging yang memekakkan dan menyakitkan telinga.


Alat musik,

Feedback yang terjadi yang diakibatkan oleh sebuah alat musik biasanya bersumber dari spull atau pickup, Spull/pickup ini terdapat pada gitar elektrik atau bass elektrik, sebenarnya bila spull dalam keadaan/kualitas yang baik maka jarang terjadi Feedback, Feedback  pada alat musik terjadi akibat sudah lemahnya komponen yang ada di dalam spull tersebut, jadi frekuensi yang dikeluarkannya sangat tinggi atau sangat rendah menjadikan gitar kita menjadi sangat sensitif.


Cara mengatasi feedback pada alat musik

Pada gitar biasanya terjadi saat suara gitar masuk melalui efek distorsi yang sedang aktif dan keluar dari speaker, untuk mengatasinya cobalah untuk mengurangi level pada pedal efek, biasanya feedback akan berhenti bila level efek dikurangi, bila hal itu tidak berhasil cobalah cara lain yaitu dengan mengurangi high dan mid frek pada efek, dengan begitu mudah-mudahan dapat menghilangkan feedback.

Pada bass listrik terjadi saat sedang dihubungkan ke speaker bass yang sedang "on". Untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi volume yang terletak pada badan bass elektrik tersebut, biasanya feedback akan langsung hilang tapi suara bass menjadi lebih kecil dan kurang sensitif, bila hal itu terjadi maka naikkanlah volume level pada amply bass(volume pada badan bass elektrik masih dalam posisi dikecilkan sedikit), dengan mengurangi volume pada badan bass elektrik sama dengan mengurangi tingkat sensitifitas pickup, maka feedbackpun akan berkurang dan menghilang. Bila bass menggunakan pedal efek maka untuk mengatasi feedbacknya dengan mengurangi level pada efek tersebut. 

Cara di atas hanyalah antisipasi sementara saja, untuk spull atau pickup yang sudah "bocor/rusak" sebaiknya diganti saja karena salah satu ciri atau tanda  sebuah spull atau pickup sudah rusak adalah dengan meningkatnya sensitivitas spull yang sangat berlebihan sehingga suara yang dikirim ke speaker akan dikeluarkan dan diterima kembali ke spull, begitulah seterusnya sehingga yang terdengar adalah suara dengung atau denging yang menyakitkan telinga.

Mik, spull, dan speaker yang sering mengalami feedback lama-lama akan berkurang kualitasnya karena sering terkena frekuensi yang berlebihan. Penyebab terjadinya feedback bukan saja akibat sumber suara tetapi mungkin saja diakibatkan oleh penyetelan atau setting soundsystem dan tata letak speaker yang kurang pass, perlu pengalaman untuk dapat mempelajari seluk-beluk feedback ini sehingga kita dapat dengan cepat untuk mengatasinya .
Tag : trik
0 Komentar untuk "MENGATASI SUARA FEEDBACK DI DALAM STUDIO MUSIK"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top