CARA TUNING GITAR ELEKTRIK MENGGUNAKAN KORG AX1500

efek tone works KORG AX 1500
Tahap Persiapan
  1. Pasanglah jack adaptor ke lubang konektor DC 9volt yang ada di belakang efek kemudian hubungkan adaptor ke stopkontak listrik, pada tahap ini display pada efek akan menyala dan akan muncul tiga kata secara berurutan yaitu: TONE-WORKS-AX1500G dan berhenti pada salah satu memori penyimpanan misalnya "acoustc A"
  2. Masukkan kabel jack gitar ke lubang konektor "input" pada efek kemudian hubungkan ke lubang konektor gitar
  3. Masukkan kabel jack ke konektor efek yang bertuliskan "out put R" atau L "mono"  kemudian hubungkan ke input speaker/qiup/amply gitar lalu nyalakan speaker dengan dengan posisi volume setengah putaran.
Sebelum menyetel efek hal yang paling utama dilakukan adalah menyetel senar gitar secara akurat untuk mempermudah kita saaat menyetel efek. pada efek Korg AX1500 terdapat fasilitas untuk menyetel senar gitar dengan display/LCD sebagai panduannya, ada dua cara penyetelan yaitu cara "bypass" dan cara. "mute".

"Bypass" adalah menyetel senar gitar dengan mengeluarkan suara gitar ke speaker.
"Mute" adalah cara penyeteman gitar tanpa mengeluarkan suara dari speaker. 

kedua cara di atas bisa digunakan untuk menyetem senar gitar karena display/LCD akan tetap menampilkan hasil seteman. Untuk mengaktifkan fasilitas tuner pada efek Korg AX1500 adalah dengan menekan dan tahan beberapa detik salah satu tombol pemilih memori penyimpanan yaitu tombol kotak yang paling besar yang lampu lednya menyala diam tak berkedip.
Setelah tombol pemilih ditekan maka lampu led yang tadinya menyala diam akan berkedip-kedip dan layar LCD menampilkan tulisan "bypass" dan bila tombol ditahan terus maka tampilan LCD akan berubah menjadi "mute", tahap ini menandakan bahwa fasilitas tuner pada efek Korg AX1500 sedang aktip dan siap untuk menyetel senar gitar. Setelah tombol tidak ditekan maka pada display yang besar akan muncul skala penyeteman dan pada display yang  kecil muncul salah satu karakter huruf dari"C-D-E-F-G-A-B-C".


Tahap penyeteman/tuning:

1. Petiklah salah satu senar misalnya senar ygitar yang paling atas yaitu nomor 6, lihatlah di layar display yang kecil, display ini berfungsi memunculkan karakter huruf yang sesuai dengan hasil penyeteman senar gitar seperti C-D-E-F-G-A-B-C. Bila kita ingin menyetem senar gitar nomor 6 agar standar maka kita harus berusaha memunculkan karakter huruf "E" pada display tersebut dengan memutar pemutar senar yang ada pada gitar(driyer).

2. Bila saat memetik senar muncul huruf  "D" berarti senar masih di bawah standar penyeteman maka senar harus dikencangkan sampai mincul karakter huruf  "E", Bila yang muncul adalah "E." atau "F" artinya steman senar terlalu tinggi maka senar harus diturunkan nadanya dengan melonggarkannya sampai muncul karakter huruf "E"

3. Setelah muncul karakter huruf "E" tahap selanjutnya adalah membuat seteman senar menjadi pass atau presisi yaitu dengan melihat tampilan display yang besar sebagai panduannya, dengan munculnya karakter huruf "E" pada display yang kecil belum sepenuhnya menyatakan pasnya hasil steman tapi harus dipaskan dengan tampilan yang muncul pada display yang besar, caranya adalah: saat kita memutar driyer lakukanlah secara pelan-pelan jangan sampai karakter huruf  "E" pada display yang kecil berubah ke karakter huruf yang lain.

4. Lihatlah pada display yang besar di situ terlihat tampilan garis putus-putus dan strip tegak yang dapat bergeser ke kiri dan ke kanan, bila steman senar kurang dari standar maka garis tegak akan berada di sebelah kiri maka kita harus mengencangkan senar sampai menggerakan garis tegak ke arah kanan dan berhenti di tengah-tengan garis putus-putus sehingga garis tegak berubah menjadi lambang bintang (*), dengan munculnya lambang bintang berarti steman senar sudah benar. Bila garis tegak berada di sebelah kanan berarti steman senar terlalu tinggi maka senar harus dilonggarkan sampai garis tegak bergeser ke arah kiri dan berhenti di tengah-tengah garis putus-putus dan berubah menjadi lambang bintang (*).

Lakukanlah urutan penyeteman seperti uraian di atas untuk menyetel nomor senar gitar yang lainnya, sebagai pedoman inilah nomor senar berikut karakter huruf yang harus muncul pada display yang kecil:

- Senar nomor 1(satu) karakter hurufnya "E"
- Senar nomor 2(dua) karakter hurufnya "B"
- Senar nomor 3(tiga) karakter hurufnya "G"
- Senar nomor 4(empat) karakter hurufnya "D"
- Senar nomor 5(lima) karakter hurufnya "A"
- Senar nomor 6(enam) karakter hurufnya "E".

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai "TUNING GITAR ELEKTRIK MENGGUNAKAN KORG AX1500" untuk settingan efeknya akan dibahas pada postingan selanjutnya, maaf bila masih banyak kekurangan.
Tag : Seting efek
0 Komentar untuk "CARA TUNING GITAR ELEKTRIK MENGGUNAKAN KORG AX1500"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top