TRIK MEMPERPANJANG UMUR SIMBAL/CYMBAL

Simbal adalah salah satu alat musik bagian dari drum set yang membuat ramai suara yang dihasilkan oleh drumer, jenis simbal yang umum dipakai ada lima buah diantaranya yaitu: Hi-hat, Crash, Spalsh, Ride, dan chinese. Kelima jenis simbal tersebut memiliki umur yang berbeda-beda sampai hancur menjadi berkeping-keping, untuk simbal dengan harga yang mahal tentu saja akan berumur lebih lama karena terbuat dari bahan yang kuat sedangkan simbal dengan harga yang lebih murah akan berumur lebih pendek.

Selama ini simbal yang robek/hancur di dalam studio yang dipakai hampir setiap hari akan terjadi bila sudah memaasuki dua atau tiga bulan pemakaian secara terus menerus, pecahnya simbal tidak terjadi langsung tetapi melalui beberapa tahapan, biasanya dimulai dengan sobekan kecil di bagian pinggir simbal, dengan seiringnya waktu maka bagian tepi simbal yang robek tadi akan bertambah lebar karena simbal yang dimainkan seorang drumer akan berputar dan pada saat stik mengenai bagian yang robek tadi maka robekannya akan bertambah.

Begitulah terus menerus simbal yang terkena stik akan terus bertambah panjangnya sehingga memanjang ke arah tengah simbal sampai akhirnya simbalpun akan hancur,

Apabila kita memiliki dana yang cukup dan terdapat persediaan simbal yang cukup maka hal seperti di atas tidak perlu dirisaukan karena tinggal ganti saja dengan simbal yang baru, tetapi bagaimaka bila saat itu tidak ada persediaan simbal pengganti dan keuangan kita sedang kembang kempis? tentu itu merupakan hal yang kurang nyaman, pada posting kali ini Saya akan memberikan sedikit tips agar sobekan tersebut tidak terus memanjang/melebar ke bagian permukaan simbal yang lainnya jadi dengan demikian kita telah memperpanjang umur simbal, untuk lebih jelasnya mengenai cara memperpanjang umur simbal adalah sebagai berikut:  

Pada posting kali ini saya hanya menjelaskan cara mengantisipasi simbal yang robek. Simbal terbuat dari campuran beberapa logam maka bila retak/sobek sedikit saja maka akan memanjang secara cepat maka dari itu sebelum terjadi kita harus mencegahnya,caranya ialah:
  • Apabila sobekan yang terletak dipingiran simbal masih berukuran kecil misalnya kurang dari 1cm maka cara mengantisipasinya adalah dengan membuat lubang pada ujung retakan bagian dalam dengan menggunakan bor.
  • Apabila robekan pada tepian simbal telah lebih dari 1cm maka cara mengebor sudah tidak dapat dipakai lagi karena tetap saja robekan akan melebar terus, cara yang cukup efektif adalah dengan menyabit atau membuang sebagian sisi simbal yang terdapat retakan sehingga tidak ada lagi retakan pada simbal, cara ini cukup efektif karena dengan membuang bagian yang robek/retak pada simbal maka kita telah benar-benar mencegah retakan yang lebih parah lagi, hanya saja bentuk simbal akan sedikit aneh karena ada bagian pinggiran simbal yang hilang, hal lainnya adalah suara simbal akan berkurang kualitasnya tidak seperti semula karena ada bagian yang hilang. Jangan lupa untuk menghaluskan pinggiran yang telah terbuang agar tidak merusak stik drum karena biasanya bagian ini akan menjadi tajam bila dipotong dengan gerinda.
  • Hal yang paling harus diperhatikan adalah "janganlah mencoba mengelas simbal yang robek dengan bahan apapun (termasuk las kuningan) karena bagian simbal yang dilas adalah rapuih sehingga dalam waktu yang singkat maka simbal akn kembali retak bahkan dapat melebihi ukuran retak sebelumnya. " 
  • Meski kita telah memperpanjang umur simbal tapi janganlah didiamkan terlalu lama, gantilah segera simbal yang rusak sesegera mungkin, apalagi bila terjadi pada studio rental maka akan menurunkan kepercayaan konsumen karena sepertinya kita kurang dapat merawat alat studio dengan baik.
Tag : perbaikan
0 Komentar untuk "TRIK MEMPERPANJANG UMUR SIMBAL/CYMBAL"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top