TIPS MEMBUAT PINTU AKUSTIK UNTUK STUDIO MUSIK

Membuat peredam suara untuk studio musik adalah hal yang harus dilakukan oleh pemiliknya karena hal tersebut sangat berhubungan dengan kelangsungan studio itu sendiri, dengan dipasangnya peredam akustik di dalam studio maka pelangganpun akan puas karena suara yang didengar di dalam studio sesuai dengan yang mereka inginkan, selain itu dengan terkuncinya suara di dalam studio mengakibatkan tidak tembusnya suara keluar studio sehingga tidak mengganggu orang atau tetangga kita, dengan begitu maka bisnispun akan lancar tinggal perawatan yang dilakukan pada alat musiknya saja.

Ada beberapa tempat atau area yang perlu dibuat untuk dapat meredam suara dengan maksimal, pada prinsipnya bila kita memasang peredam suara maka suara tersebut bukan dihilangkan tetapi dikurangi dan bagaimana agar suara tersebut terdengar dengan jelas tanpa menyakitkan telinga sehingga para pemain band yang berada di dalamnya dapat menikmati musik yang dimainkannya dengan pas. diantara tempat yang perlu dipasang peredam yaitu:

  • Seluruh dinding ruangan
  • Langit-langit
  • Kaca yang tembus dari studio ke ruang operator
  • Pintu Studio.
Pada kesempatan ini Saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara membuat pintu akustik untuk ruangan studio musik, Pintu studio adalah salah satu tempat yang rawan tertembus oleh suara yang datang dari dalam ruangan studio musik karena pada bagian ini terdapat celah yang menjadi tempat keluarnya suara, seperti kita ketahui bersama bahwa suara dapat merambat melalui media udara oleh sebab itu celah sedikit saja dari sebuah pintu studio akan dapat mengantarkan suara dari dalam untuk keluar studio.

Ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi dalam hal pemasangan pintu akustik untuk studio musik, diantaranya adalah: ketebalan pintu, kerasnya pintu, adanya ruang kosong antara pintu dengan ruangan lain, dan rapatnya pintu dengan kusen. Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti tahapan-tahapan pemasangannya:
  1. Buatlah satu dinding baru yang dipasang di luar dinding studio lalu pasanglah kusen pintu yang letaknya  sejajar dengan pintu studio yang ada di dalam. berilah jarak antara kedua dinding minimal 50cm.
  2. Buatlah dua buah pintu yang nantinya dipasang pada kedua dinding dengan cara: buatlah rangka pintu dari kayu (seperti biasa anda membuat pintu untuk rumah) kemudian lapisi salah satu sisinya dengan tripbloks(kayu lapis yang tebal) kemudian letakkan pintu di lantai dengan posisi sisi pintu yang telah dipasang tripbloks berada di bawah. 
  3. Buatlah bahan cor-coran yaitu adukan semen, pasir dan batu split yang dicampur air kemudian masukkan ke dalam rangka pintu, diamkanlah adukan sampai kering benar, bila cor-coran telah kering maka tutuplah dengan kayu tripbloks. 
  4. Pasanglah karet pada seluruh sisi pintu, pakailah jenis karet yang biasa dipasang pada pintu mobil, dan cara pemasangannyapun tirulah bagaimana karet pada pintu mobil.
  5. Bila perlu pasanglah rockwool pada salah satu pintu yang akan dipasang pada bagian dalam studio, sebelumnya pasanglah kangka kayu pada pintu kemudian lapisi dengan rockwool lalu tutup dengan gipsum, untuk mempercantik pintu lapisi gipsum dengan karpet atau kertas dinding.
  6. karena bobot dari pintu ini cukup berat maka gunakanlah engsel dan pegangan pintu yang sangat kuat dan terbuat dari logam.
  7. Pasanglah pintu pada kusen pintu yang berada di dalam studio, perhatikanlah cara memasang engsel pintu ini karena pintu yang terletak dibagian dalam difungsikan akan terbuka bila didorong ke arah dalam dan tertutup bila ditarik ke arah luar. 
  8. Untuk pintu yang dipasang pada dinding bagian luar studio pemasangannya berbeda dengan pintu sebelumnya, pintu ini dapat dibuka dengan menariknya ke arah luar sedangkan untuk menutupnya dengan didorong ke arah dalam.
Pintu akustik yang Saya jelaskan di atas hanyalah sebagai contoh dan ada cara-cara lain yang mungkin lebih baik, mungkin hasil yang didapat tidak dapat menahan suara 100% untuk keluar ruangan tetapi dapat meminimalisir suara yang keluar dari dalam studio, pintu akustik yang Saya pakai di studio Dinur juga memakai bahan yang sama dan terbukti cukup menahan suara dari dalam sutudio.
1 Komentar untuk "TIPS MEMBUAT PINTU AKUSTIK UNTUK STUDIO MUSIK"

MKASIH INFONYA MUDAH2 AN BISA MEMBANTU

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top