CARA MERAWAT BASS DRUM

Bass drum adalah bagian dari drum set yang ukurannya paling besar diantara perkusi yan ada pada drumset yang lainnya, karena bentuknya yang besar maka bass drum dapat mengeluarkan suara bass/low yang sangant kuat, saking kuatnya dapat dirasakan bila kita berdekatan dengan alat ini maka seperti ada yang mendorong badan kita ke arah tertentu.

Suara yang dihasilkan oleh bass drum dipengaruhi oleh beberapa bagian yang melekat bada badan bass drum, diantaranya yaitu:
  • Kulit/head yang letaknya berdekatan dengan pemain/drumer, bagian inilah yang terkena pedal drum/kick.
  • Bahan silinder, yaitu badan bass drum yang berbentuk tabung. 
  • Kulit yang terletak di bagian depan drum.
  • kick drum
Apabila kita dapat dengan benar merawat bass drum dengan benar maka suara dan usia bass drum akan lebih lama. Dengan mengatur atau menyetel seluruh komponen bass drum maka dapat dipastikan kita dapat dengan mudah mendapatkan suara bass drum yang enak didengar. apapun merek dan dan berapapun harga drum anda maka suara yang dihasilkan tergantung dari cara kita merawat bass drum kita.

Suara adalah segalanya bagi sebuah alat musik terutama jenis alat musik perkusi seperti bass drum ini, suara yang keluar dari speaker tidak akan sesuai dengan keinginan kita bila sumbernya saja tidak kita atur sebagus mungkin, hal ini berlaku untuk drum set yang dipakai untuk kebutuhan recording ataupun pertunjukkan langsung yang menggunakan perangkat sounsistem, apapun situasainya maka bass drum ini harus benar-benar diperhatikan karena imbasnya akan berdampak pada semua orang yang mendengarnya.

Bagi seorang yang berkecimpung dalam usaha sewa soundsystem akan berdampak bertambahnya kepercayaan konsumen pada alat yang disewakan, karena salah satu kepuasan konsumen ditentukan oleh kualitas sura yang didengarnya.

Dalam merawat bass drum hal yang penting dilakukan adalah bagaimana caranya agar bass drum kita bersuara pas dan dapat berumur panjang atau awet tidak mudah robek terkena bandul pedal yang selalu menerpanya, biasanya bagian ini sering terlewatkan karena letaknya di bawah dan tersembunyi padahal kalo sobek akan repot apalagi harganya paling mahal daripada kulit tom-tom sedangkan kita anda tidak punya persediaan sedangkan bass drum adalah bagian yang fital yang tidak dapat tergantikan oleh alat musik yang lainnya.


Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat bass drum silahkan disimak penjelasannya di bawah ini:
  • Bass drum rentan terhadap pergeseran dari tempatnya sehingga bila hal ini terjadi akan mengganggu terhadap permainan seorang drumer, selain itu dengan berubahnya posisi maka letak kick drumpun akan bergesar, dengan bergesernya kick drum maka akan mempengaruhi letak sasaran bandul pedal drum sehingga memungkinkan rusaknya head pada bass drum, untuk mengantisipasinya maka kencangakanlah dua buah kaki yang terletak di kiri dan kanan bass drum, bila lantai dilapisi dengan kayu maka keliuarkanlah bagian yang runcing yang ada di bagian dalam kai-kai tersebut.
  • Bagian head yaitu yang biasa terkena bandul pedal drum haruslah dilindungi karena bila tidak menjadi lebih mudah tipis sehinga mudah bolong atau robek, untuk mengantisipasinya adalah dengan menempelkan beberapa lapisan pelindung, bahan yang digunakan adalah :karpet dan karet, caranya adalah:  guntinglah karet ban dalam bekas sepeda motor atau mobil agar membentuk lingkaran berdiameter 20cm lalu rekatkan memakai lem khusus karet lau tempelkan pada posisi tengah-tengah kulit bass drum yaitu daerah yang biasa terkena bandul peda drum, selanjutnya  tempelkanlah dua lapis karpet yang ukuran dan bentuknya sama dengan karen yang sudah ditempelkan, pasanglah karpet tersebut dengan menggunakan lem yang sala dengan lem yang dipakai untuk menempelkan karen, dengan cara ini maka kulit bass drum akan lebih awet.
  • Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah dengan selalu mengecek kekencangan headnya jangan sampai mengkerut sehingga akan merubah suara yang dikeluarkannya, maka bila hal tersebut terjadi stel ulanglah head dengan memutar baud pengencang dengan menggunakan kunci shok.
Demikianlah cara merawat bass drum yang sederhana ini semoga dapat membentu bagi anda yang memerlukannya.. 
Tag : perawatan
0 Komentar untuk "CARA MERAWAT BASS DRUM"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top