TIPS MERAWAT SOLDER

Solder listrik adalah perkakas yang membantu kita dalam urusan mematri komponen elktronika. Kadang-Kadang kita sering kesal pada saat akan menggunakan solder ternyata timah tidak dapat meleleh padahal solder sudah panas, hal itu terjada disebabkan oleh kotornya mata solder oleh benda selain timah, sepanas apapun solder timah tidak mau menempel pada mata solder bahkan tidak dapat meleleh. Sebenarnya kalau kita rajin merawatnya maka kejadian seperti di atas tidak akan terjadi.

Pada postingan kali ini saya hanya sekedar berbagi pengalaman tentang bagaimana caranya merawat solder, kebetulan saya juga hobi memperbaiki peralatan elektronika sendiri di rumah, untuk lebih jelasnya silakan baca penjelasannya di bawah ini:

  • Saat menyolder usahakan kabel penghubung ke stop kontak jauh dari solder untuk menghindari terkelupasnya kabel karena menyentuh bagian solder yang panas, bila anda menyolder dengan tangan kanan maka kabel penghubung harus berada di sebelah kanan badan anda begitu pula sebaliknya bila anda menyolder dengan tangan kiri maka kabel penghubung harus berada di sebelah kiri badan anda.
  • Bersihkanlah mata solder saat sedang panas sebelum anda menggunakannya dengan cara mengusap mata solder menggunakan kain basah secara cepat, proses ini harus dilakukan secara cepat karena kalau tidak maka kain akan terbakar oleh mata solder dan akan memperparah kotornya mata soler.
  • Setelah anda memakai solder diamkanlah sejenak agar solder menjadi dingin kemudian rapikan kabel penghubungnya, usahakan jangan ekabel penghubung terurai begitu saja karena bisa mengkibatkan kusut, melilit atau terhimpit benda lain yang mengakibatkan putusnya kabel penghubung.
  • Saat menyolder pakailah arpus(sejenis krim khusus untuk menyolder) agar mempermudah proses penyolderan.
  • Gunakanlah solder hanya untuk melelehkan timah, jangan digunakan untuk bahan lain seperti plastik, kayu, atau kertas.
  • Jagalah solder agar tidak tejatuh yang akan mengakibatkan putusnya elemem solder.

Hal-hal yang perlu dihindari:
  • Jangan membersihkan ujung solder menggunakan ampelas atau pisau karena akn mengikis lapisan terluar dari ujung solder tersebut.
  • jangan meletakkan solder di sembarang tempat yang dapat mengakibatkan tersentuh oleh kulit kita atau terkena benda lain yang mudah meleleh terkena panas solder, gunakanlah tempat khusus untuk meletakkan solder yang panas yang tahan terhadap panasnya solder.
  • jangan menyolder komponen atau kabel yang kotor baik oleh karat, debu, ataupun hasil reaksi dengan udara karena akan membuat kotor ujung solder sehingga solder akan sulit dipakai untuk melelehkan timah. 
  • jangan menggunakan solder untuk bahan selain timah misalnya untuk melubangi plastik atau kertas karena akan mengotori ujung solder sehingga tidak dapat digunakan untuk melelehkan timah.
  • hindari menggulung kabel solder terlalu kuat karena hal ini akan mengakibatkan kabel terputus atau kusut.
Demikianlah post Saya kali ini tentang cara merawat solder, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya, ini adalah bahasan sederhana yang diperuntukkan bagi anda yangsedang belajar meyolder atau bagi anda yang ingin menambah ilmu.
Tag : perawatan
1 Komentar untuk "TIPS MERAWAT SOLDER"

info bagus nih :D

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top