TIPS MERAWAT DRUM STUDIO MUSIK

Merawat sebuah alat musik adalah suatu keharusan karena akan berpengaruh pada daya tahan alat musik tersebut serta untuk menjaga kualitas agar tidak menurun termakan waktu.

Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi pengalaman tentang cara merawat drum, perawatan ini dapat dilakukan baik untuk drum milik pribadi ataupun drum untuk disewakan oleh studio musik, di sini saya meninik beratkan untuk studio karena pengalaman ini Saya dapatkan dari studio.

Dengan kita merawat drum maka banyak hal-hal yang didapatkan dari kegiatan tersebut diantaranya yaitu:
  • Mempertahankan kualitas suara drum
  • menjaga agar drum tidak mudah rusak baik oleh karat ataupun pemakaian.
  • menjaga agar drum selalu siap pakai
  • membuat drum terlihat bersih sehingga menambah semangat pemainnya.
  • untuk studio musik maka akan menambah betah pelanggannya.
Kegiatan merawat drum untuk sebuah studio musik adalah sangat penting sekali karena dengan perawatan yang rutin dan baik maka alat musik kita akan selalu dalam keadaan siap pakai dan tentunya akan berumur panjang. perawatan harus dilakukan minimal satu jam sebelum studio dibuka agar anda leluasa dalam mengerjakannya. berikui ini akan saya jelaskan hal-hal yang dianggap perlu dalam merawat drum untuk studio musik/rental band:
  • Periksa seluruh lapisan kulit/mika dari mulai snare, tom-tom, sampai bass drum jangan sampai ada bagian yang kendor atau lecet sedikitpun, kalau kondisinya masih bagus maka tinggal dicek tuningnya saja lalu dilap pakai kain lembab. jika ada kulit yang robek kurang dari 1cm boleh ditambal pake lakban tapi bila robeknya lebih dari 1cm maka harus diganti dengan yang baru. Setelah pemkaian seharian maka setelan kulit drum akan berubeh ke posisi kendur maka sebelum drum dipakai oleh konsumen stel ulanglah semua kulit drum untuk menjaga kualitas suara yang dihasilkannya.
  • Gantilah simbal yang robek/retak dengan yang baru. jangan mengakali simbal yang robek dengan dilas atau dipotong sebagian karena simbal yang dipotong sebagian sisinya akan menyebabkan suranya akan berubah menjadi lebih singkat saat terkena stik selain itu tampilan drum akan terganggu oleh bentuk simbal yang aneh sehingga akan menurunkan kualitas studio kita di mata konsumen, simbal terbuat cari beberapa campuran logam yang dicampur menjadi satu oleh proses pemanasan sehingga apabila ada robekan sedikit saja pada sebagian sisi simbal maka robekan itu akan cepat melebar/memanjang ketika terkena pukulan stik drum Meskipun sudah dilas dengan bahan yang mirip atai sama persisi dengan bahan simbal kita, 
  • Pastikan hi-hat bekerja dengan baik, cobalah untuk menginjak dan lepas apakah kedua hi-hat dapat saling bersentuhan saat pedal ditekan? apakah kedua hi-hat dapat saling berjauhan saat pedalnya tidak diinjak? cetabilkanlah posisi kedua hi-hat dengan mengencangkan baud kupu-kupu yang terdapat pada bagian atas hi-hat. bila ada komponennya yang tidak berfungsi dengan baik maka segeralah perbaiki.
  • Injaklah Pedal kick drum lalu perhatikan apakah dapat mengetuk kulit bass drum dengan mantap? aturlah kekencangan per pedal bass drum dengan merubah baud pengencang yang ada pada batang besi yang menempel pada per/pegas, perhatikan juga komponen yang sering bergerak seperti bandul, rantai, dan laher apakah masih bagus atau sudah aus. jangn lupa beri sedikit gemuk/stemplet pada bagian yang bergerak saat dimainkan agar tidak mudah berkarat dan pergerakannya lancar tidak sulit saat digunakan..
  • Pastikan tiang/stand simbal, penyangga tom-tom dan kaki bass drum kokoh/tidak goyang, periksa juga semua baud kupu-kupu yang menempel pada tiang simbal agar terpaut kuat pada tempatnya, lihatlah apakah posisinya telah benar sesuai dengan keinginan pemaindrum secara umum? lalu setelah diperiksa semuanya jangan lupa untuk membersihkan semuanya memakai kain kering.
  • Terakhir bersihkan sampah bekas pecahan stik yang ada di lantai di bawah drum dengan penyedot debu atau sikat plastik.
Tag : perawatan
0 Komentar untuk "TIPS MERAWAT DRUM STUDIO MUSIK"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top