PANDUAN CARA MEMPERBAIKI SPEAKER BASS

Keluhan yang terjadi pada speaker bass pada umumya berupa: mati total, suara yang dikeluarkan brisik, tidak keluarnya suara bassnya, dan lain-lain. penyebabnya bisa bermacam-macam dari mulai kabel bass yang putus, terbakarnya rangkaian power amply sampai jebolnya speaker.

Sebelum kita mulai memperbaikinya alangkah lebih baiknya kita mengetahui bagian-bagian dari speaker bass karena dengan kita mengetahui bagian-bagiannya maka akan mempermudah dalam memperbaikinya,

Bagian-bagian speaker bass:
  • Pre-am, ini adalah rangkaian awal yang tersambung langsung ke alat musik melalui lubang konektor jack 1/4". Di sini sinyal audio yang masih lemah dari alat musik bass akan diteruskan ke bagian tone 
  • Tone, adalah rangkaian yang merubah sinyal audio dari rangkaian pre-am menjadi lebih baik sehingga sesuai dengan keinginan kita yaitu dengan memutar tombol potensio, di sini sinyal audio dapat dirubah kualitasnya seperti; volume, bass, treble,middle dan fasilitas lain yang diberikan oleh pabrikan speaker bass.
  • power amply, sinyal audio dari tone akan diteruskan ke bagiajn ini untuk diperkuat sehingga suara dapat mempengaruhi lilitan pada speaker..
  • Speaker, inilah bagian yang mengeluarkan suara yang dapat didengar oleh kita setelah suatu sinyal audio diperkuat oleh power amply.  
 Cara memperbaiki speaker bass untuk kasus "speaker yang bersuara berisik"

keluhan seperti itu biasanya bersumber dari potensio yang kotor, komponen pada power amply ada yang lemah, atau speaker yang terbakar lilitannya tapi tidak putus.

untuk kerusakan pada potensio cara memperbaikinya adalah: nyalakan speaker bass lalu putarlah semua potensio pada setengah putaran kemudian cobalah hubungkan alat musik bass ke konektor speaker bass lalu mainkan alat musik sambil memutar-mutar tombol potensio, bila saat salah satu tombol potensio diputar-putar mengeluarkan suara berisik sesuai pergerakan potensio yang diputar berarti potensio itu kotor atau karat di bagian dalamnya, cobalah menetesi lubang potensio yang hanya bisa dilihat dari dalam rangkaian tone atau disemprot pakai caioran contack cleaner atau minyak lain sambil memutar-mutar tombol potensio.

Rangkaian power amply: bila dilihat pada rangkaian PCB  terdapat komponen yang hangus terbakar maka gantilah komponen itu dengan yang baru.

Sepeaker: ukurlah dengan AVO meter R X 1 kilo ohm  bila jarum AVO meter diam tidak bergerak maka speaker putus tapi bila menunjuk pada angka tertentu tapi tidak sesuai dengan spesifikasi speakernya maka speaker terbakar tapi masih nyambung.

demikianlah sedikit tentang perbaikan speaker bass sejauh yang saya ketahui, mudah-mudahan pada postingan selanjutnya akan lebih banyak lagi artikel terkait yang berhubungan dengan perbaikan speaker bass.
Tag : perbaikan
5 Komentar untuk "PANDUAN CARA MEMPERBAIKI SPEAKER BASS"

Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

Follow di blog saya : http://jejakservicepc.blogspot.com/

semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
mengalir dalam dunia ini.

om.. help nih. amply gitar saya, belum dicolok jack, tapi udah mengeluarkan suara berisik semacam "teeet" gitu. gimana cara memperbaikinya? apanya yg rusak om? terima kasih

dukun> coba dilihat bagian lubang tempat masukkanya jack, biasanya bagian tersebut sering rusak karena sering digunakan.

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top