TIPS MEREMAJAKAN SENAR BASS YANG SUARANYA MENDEM

Umur senar bass yang sudah uzur dan seringnya memainkan bass akan membuat kualitas suaranya berkurang (mendem) ditambah dengan karat yang ada membuat kita ingin menggantinya dengan senar yang baru, eit...! nanti dulu.... sayang kalo dibuang. sebaiknya diremajakan saja.

Senar bass adalah senar yang khusus dipakai untuk alat musik bass baik itu bass elektrik maupun bass akustik, karakter yang dihasilkan oleh jenis senar ini tergolong unik dan berbeda jauh dengan suara yang dihasilkan oleh senar gitar, hal ini disebabkan karena ukuran dari senar bass lebih besar dari senar gitar.

Nada-nada yang dikeluarkan oleh senar bass memiliki beberapa macam diantaranya low dan middle, agar sebuah senar bass dapat mengeluarkan bermacam-macam suara yang sesuai dengan yang diharapkan maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu: bahan baku pembuatan senar, usia pemakaian senar, dan perawatan. Semua hal tersebut mestinya dimiliki oleh setiap senar bass agar permainan seorang bassist dapat terdengar enak di telinga.

Bersamaan dengan berjalannya waktu pemakaian senar bass maka kulaitas senar basspun akan menurun baik itu dari segi suara yang dikeluarkan ataupun mudah putusnya senar, untuk senar bass yang kualitas suaranya telah berkurang maka ada cara agar suaranya dapat kembali hampir seperti semula, meskipun cara yang akan Saya jelaskan ini tidak akan mengembalikan kualitas suara senar bass seperti semula karena senar bass terbuat dari bahan logam yang memiliki kekurangan yaitu akan berkurang seiring waktu.

Untuk lebih jelas tentang tips meremajakan senar bass yang suaranya mendem ikutilah tahapan-tahapannya di bawah ini, selamat mencoba....
  1. Untuk memudahklan pengerjaan sebaiknya lepaskanlah semua senar dari bass 
  2. Bila pada senar bass terdapat banyak karat yang menempel maka hilangkanlah karat tersebut dengan merendam seluruh senar di dalam minyak tanah atau solar kemudian diamkan selama 30menit sampai satu jam, usahakan seluruh permukaan senar terendam dengan sempurna. 
  3. Setelah senar selesai direndam dalam minyak tanah maka biasanya karat akan mudah dilepaskan, lepaskanlah karat dengan menggunakan ampelas khusus untuk besi, lakukanlah sampai semua karat dapat terlepas dari senar.
  4. Bersihkanlah sisa-sisa karat dan minyak yang menempel pada senar dengan menggunakan lap kering dan bila perlu jemurlah senar di terik matahari. 
  5. Siapkan air ke dalam panci lalu letakkan di atas kompor yang menyala, sambil menunggu air mendidih gulunglah masing-masing senar sehingga membentuk lingkaran agar mudah dimasukkan ke dalam panci.
  6. Setelah air mendidih masukanlah seluruh senar ke dalam panci, pastikan seluruh senar terendam dalam air, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam.
  7. Setelah menunggu satu jam angkatlah senar dari rebusan air kemudian tiriskan atau diangin anginkan sampai kering.
  8. Apabila seluruh senar telah kering dan dingin maka senar sudah dapat dipasang kembali. cobalah memainkan senar bass, biasanya suara senar akan sedikit lebih baik dari sebelumnya. 

Tips merawat senar bass

Berapapun harga senar bass anda bila kurang perawatan maka kualitasnyapun akan menurun dengan cepat, mungkin sering kita jumpai senar bass yang mudah berkarat, mudah putus dan mudah fals, semua hal tersebut adalah sebagian dari akibat kita kurang rajin merawatnya, padahal merawat senar bass itu tidaklah sulit apalagi untuk yang berbahan logam, berikut ini tips tentang cara merawat senar bass yang Saya dapatkan dari pengalaman pribadi selama bertahun-tahun, tips ini cukup efektif apalagi untuk anda yang berkecimpung di bidang studio rental.
  1. Setiap selesai dimainkan bersihkanlah sisa keringat yang menempel pada senar karena keringat dari jari tangan akan mempercepat karat, bila perlu lumuri senar dengan minyak yang bersih, anda dapat menggunakan minyak goreng/minyak kelapa.
  2. Longgarkanlah senar bass pada saat bass tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, khusus untuk studio band longgarkanlah senar setelah penyewa terakhir selesai.
  3. Gunakanlah satu set senar bass dengan satu merek yang sama, jangan mencampur beberapa merek senar dalam satu bass karena suara yang dikeluarkan oleh masing-masing senar akan berbeda sehingga ada kemunginan untuk memperbesar suara salah satu merek senar yang kecil suaranya maka kita akan lebih kuat dalam memetiknya sehingga senar tersebut akan mudah putus.
Demikianlah ulasan Saya tentang cara meremajakan senar bass yang bersuara mendem dan tips merawat senar bass, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya, mohon maahf apabila cara-cara yang saya jelaskan tidak sesuai dengan aturan baku, karena semua itu murni dari pengalaman pribadi.
Tag : perbaikan
1 Komentar untuk "TIPS MEREMAJAKAN SENAR BASS YANG SUARANYA MENDEM"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top