TIPS MEMEGANG MIKROFON

Mic adalah alat elektronik yang dapat merubah getaran suara menjadi getaran listrik, kegunaan alat ini adalah untuk berbicara ataupun bernyanyi. Ada beberapa trik yang dapat kita lakukan bila kita sedang dalam menggunakan mik, baik itu untuk berbicara ataupun bernyanyi.

Banyak diantara kita menggunakan mik menurut yang mereka inginkan tanpa memikirkan resiko yang terjadi, beberapa kerugian bila kita kuran pas dalam memegang mic diantaranya adalah suara yang keluar dari speaker akan berubah yang tidak sesuai dengan harapan kita atau terjadinya feed back. Semua hal tersebut sebenarnya tidak terjadi bila kita mengetahui cara memegang mic yang benar,

Di bawah ini akan Saya uraikan beberapa cara memegang mik genggam yang benar agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat anda menggunakannya.
  • Genggamlah mic anda dengan kuat tetapi tidak kaku, peganglah dengan keempat jari melingkari batang mic dan jempol melingkar dengan arah sebaliknya dan usahakan sampai terlihat wajar, hal ini penting untuk menjaga agar mic yang kita pegang tidak mudah terlepas dari genggaman apapun  dan bagaimanapun gerakan kita, hal ini sangat dianjurkan sekali bagi penyanyi yang sekaligus menari saat di pertunjukkan.
  • Usahakanlah genggaman terletak hanya pada bagian antara leher mic sampai ujung mic
  • Janganlah memegang kepala mic karena bagian tersebut terdapat spull mic yang sensitif, bila kita mengenggam daerah tersebut maka suara kita akan kecil dari speaker karena tertutup jari kita, selain itu pada beberapa kasus jari tangan yang menutupi kepala mic akan mengeluarkan suara feedback dari speaker, hal ini tentu saja akan mengganggu pendenganran kita.
  • Seorang penyanyi adalah pandangan seluruh orang yang menonntonnya, maka janganlah kecewakan penonton atau penggemar anda dengan menutupi wajah dengan mik, aturlah supaya mik tidak menutupi wajah misalnya dengan memegang mic agak bawah.
  • Pada beberapa kejadian, jarak mic dengan bibir penyanyi dapat mempengaruhi kualitas suara yang keluar dari speaker, jadi aturlah jarak mulut dengan mic sampai terdengar karakter suara kita dari speaker.jarak yang terlalu jauh dari mic akan memperkecil suara kita dan jarak yang terlalu dekat akan membuat suara kita seperti dibekem(ditutup dengan tangan)
  • untuk mencari karakter suara yang sesuai denganselera kita maka cobalah mengubah jarak mulut dengan mikrofon sampai mendapatkan suara yang kita inginkan.

Tambahan
Penjelasan mengenai tips memegang mikrofon di atas adalah khusus untuk penggunaan pada mik yang berjenis genggam baik itu dengan kabel ataupun tanpa kabel(wireles mic). Ada macam-macam mikrofon yang sering digunakan diantaranya yaitu:
  • Mikrofon dinamik, yaitu jenis yang berbentuk batangan baik itu dengan kabel ataupun tanpa kabel, jenis ini menggunakan komponen dinamik dengan bentuk spull yang khas, pemakaian dengan cara digenggam dengan jari tangan penuh, digunakan untuk bernyanyi dan berbicara.
  • Mikrofon kondenser, adalah jenis yang berbentuk kecil kira kira seukuran kancing baju, dipakai oleh penyanyi dengan gerakan yang aktif, pada pemakaiannya tidak perlu digenggam atau dipegang karena dapat diselipkan pada pakaian ataupun dipasang di dekat mulut menggunakan alat yang dipasang di kepala.
  • Mikrofon untuk alat musik, jenis mik ini biasanya dipasang pada alat musik seprti drum, biasanya mik yang dipasang terdiri dari satu set yang lengkap, untuk menghasilkan suara yang bagus maka penggunaan mik khusus untuk alat musik sangat dianjurkan.
Tag : trik
0 Komentar untuk "TIPS MEMEGANG MIKROFON"

silahkan berkomentar dengan kata-kata yang sopan, dilarang menyertakan link aktif, setiap komentar mungkin tidak akan langsung dibalas karena Saya tidak selalu online, terimakasih atas kunjungan anda.

Back To Top